Jumat, 02 November 2018

Aqiqah, Ayun Anak, Penabalan Nama, dan Cukur Rambut

 Siang hari ini menuju sore hari hujan mengguyur daerah tempat tinggal kami.  Sebelumnya sudah rada mendung sedikit di hari jumah berkah ini.

Akhirnya hujan berangsur berhenti,  dan kami pun bisa menghadiri undangan penabalan nama untuk anak yang baru lahir sebulan lebih, gak jauh dari tempat tinggal kami.


Di daerah kami sering diadakan syukuran anak yang baru lahir sekitar sebulanan diikuti dengan acara ayun anak dengan bacaan sholawat dan lantunan marhaban, dan kemudian rambut bayi tersebut dicukur sedikit. Di berbagai daerah tentu berbeda cara mengadakan syukuran bayi yang baru lahir tersebut.

Bagaimana dengan aqiqah,  mana yang harus lebih diutamakan dilakukan ketika bayi sudah lahir. Bisa jadi acara tersebut digabung menjadi satu, yaitu ayun anak, nabal nama,  cukur rambut,  dan aqiqah.

Karena kondisi keuangan, mungkin sebagian orang tua belum bisa mengadakan aqiqah yang diperintahkan diadakan setelah 7 hari,  atau 14 hari, dst sampai orang tua sudah mampu melakukan aqiqah.

Ketika orang tua sudah mampu melaksanakan aqiqah, bisa mengadakan aqiqah untuk anaknya. Sekarang sudah dimudahkan dengan banyaknya rumah aqiqah yang ada di seluruh kota yang memudahkan kita untuk mengadakan aqiqah.

Untuk lebih jelas mengenai aqiqah,
bisa klik link ini : Rukun Aqiqah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar