Kue Rasidah

Maret 11, 2019

Kue Rasidah


Kue Rasidah merupakan kue khas Melayu.

Bahan bahan :
Tepung terigu 1 kg
Gula pasir 1 kg 2 ons, atau sesuai selera
Air secukupnya

Cara membuat :
Aduk rata seluruh bahan sampai tercampur rata. Bila belum halus dan masih ada tepung yang menggumpal, bisa diblender  saja agar lebih halus.

Setelah tercampur rata semuanya, hidupkan api kompor dan aduk adonan di atas kuali anti lengket.

Setelah masak tuang ke dalam wadah, tunggu dingin dan bisa dibentuk sesuai selera.

Agar lebih nikmat sajikan kue rasidah dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Kue rasidah siap dihidangkan dan dinikmati.

                                     ----

You Might Also Like

4 comments

  1. Noted mba namanya unik yaa kue rasidah. Nanti mau saya coba resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba harus dicoba kue melayu ini, rasanya bikin nagih hehehe

      Hapus
  2. Sesungguhnya aku blm ngerti maksud dari "cukup" di bagian air itu mbak. Sampai teksturnya bagaimana? Terus dimasak sampai kapan? Berapa lama? Sampai adonan seperti apa? Apakah awalnya encer sampai kental atau bagaimana? HMMM

    BalasHapus
  3. Airnya sebanyak tepung terigu itu sudah bisa larut dan teraduk secara merata dan sempurna dengan tekstur tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer, melainkan sedang mba. Jika masih ada tepung yang belum hancur dan menggumpal bisa dibender agar halus.
    Proses memasaknya, diaduk terus sampai mulai mengeras dan menyatu terus dibalik balik. Jika sudah menyatu dan menggumpal, letakka 5 sendok makan minyak goreng bersih yang sudah dipakai untuk menggoreng bawang goreng tadi. Jadi minyaknya sudah ada aroma bawang goreng. Kemudian dibalik balik kembali, lalu ulangi kembali bila sudah menyatu dan menggumpal, letakkan 5 sendok makan minyak goreng seperti tadi. Kemudia balik balik kembali jangan sampai gosong jadi harus dibalik balik terus tidak boleh ditinggalkan, panci wajan harus selalu dipegang ya, karena khawatir wajan akan terbalik bila tidak dipegang. Karena membalik balikkan kue ini harus punya kekuatan ekstra.
    Setelah kue menyatu dan tidak lengket diwajan, coba ambil secuil kue tersebut dan rasakan bila tidak lengket di langit langit lidah dan di area rongga mulut dan terasa lembut, maka kue tersebut sudah matang dan boleh diangkat. Letakka di loyang beralaskan plastik. Dan ratakan dengan olesan minyak bawang goreng di sekeliling kue.
    Potong kue sesuai selera, bisa juga dibentuk bentuk dan di cetak dicetakan bunga. Kemudian taburi bawang goreng di atasnya.
    Kue siap dinikmati

    BalasHapus