Selasa, 16 April 2019

Merawat Anak Kucing

Merawat anak kucing

















Namanya Marwoto. Marwoto itu kucing jantan dan kucing kampung yang merupakan anak dari kucing kami terdahulu yaitu Oma.

Hahaha ntah kenapa jadi namanya Oma. Pertamanya namanya kami panggil "Cing". Tetapi setelah dia mempunyai anak cucu, kami panggil ia Oma, begitulah ceritanya.

Nah marwoto ini anak dari si Oma angkatan yang terakhir, karena terakhir kali ia beranak, setelah beberapa kali ia melahirkan.

Jadi Oma ini pun sudah beberapa kali melahirkan selama bertahin tahun sudah nampak tua raut muka kucing tersebut, tetapi masih bisa untuk melahirkan.

Ketika ia melahirkan Marwoto, sudah nampak si Oma ini sakit sakitan. Marwoto dan saudaranya nampak kesusahan untuk minum susu dari induknya, sang induk menolak untuk menyusukan anaknya karena sakit yang dideritanya.

Suatu pagi ketika melihat anak kucing dalam keadaan masih tertidur, tetapi induknya tidak tahu ada di mana. Segera saya mencari induk kucing tersebut tapi tidak ditemukan kemana ia pergi dan tidak ada jejaknya. Berarti "Oma" telah menghilang dan selama berhari hari tidak kembali pulang.

Tinggallah anak anak kucing yang masih mencari cari induknya. Kasihan sekali mereka masih menyusui tapi sudah ditinggal induknya.

Satu persatu anak kucing tidak dapat bertahan hidup, yang pada awalnya jumlahnya ada 4 ekor anak kucing, bersisa satu ekor anak kucing yaitu Marwoto.

Marwoto masih bisa bertahan hidup. Mungkin daya tahan tubuhnya kuat dan ia yang paling lahap menyusu ketika induknya masih hidup.

Saya suapi susu bayi, saya pakai susu SGM yang umur 0-6 bulan untuk Marwoto agar ia tetap bertahan dan tidak kelaparan. Alhamdulillah ia mau meminumnya, meski sedikit dipaksa. Ketika ia lapar saya coba memberi makan bubur bayi yang instan. Dan alhamdulillah ia mau menikmatinya. Saat ia tidak selera makan, saya beri minyak ikan untuk menambah nafsu makannya. Haha seperti manusia saja ya obatnya.

Marwoto sudah bisa terbebas dari masa sulitnya, dan ia sudah bisa makan ikan rebus yang disuir suir layaknya kucing dewasa.

Dan kini Marwoto tumbuh besar dan menjadi kucing dewasa dan sudah menjadi Ayah kucing.
Begitulah suka duka merawat anak kucing yang terkadang lucu dan kadang pula membuat kesal.

Marwoto sudah besar


20 komentar:

  1. Marwoto ini mirip sama kucing kakak waktu kakak masih kecil.
    Tapi dia keturunan kucing America yang udah ke sekian, hehehehe.

    Gimana usul panggilan Marwoto jadi si oto aja, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak kadang pas manggil marwoto kepanjangan jadi manggilnya si "Oto" hehe

      Hapus
  2. Wahhhh indonesah sekali ya namanya...
    Dulu ada kawan punya kucing betina, namanya Puspita. Panggilannya 'Pus'
    Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya perempuan banget ya kak, kalo punya kucing jadi pengen namain yang unik unik ya

      Hapus
  3. Susah2 gampang ya rawat anak kucing hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah, tapi gak susah2 kali di banding kucing ras

      Hapus
  4. Keren kak namain kucingnya marwoto hoho
    Kebetulan sekitaran rumah banyak kucing jg sejak dulu, tp ya gt kucing2 liar aja, tp sering kami kasih makan di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, yang namain kucingnya abang saya, baik ya kk selalu kasih makan kucing

      Hapus
  5. Hahahaha, Marwoto kelihatan gagah ya, gak nyangka mamanya Oma, tadi aku pikir neneknya dia. Sorry mba, bercanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu lah kak si Oma saking sering melahirkan, cucu nya pun lebih tua daripada anaknya hehehe

      Hapus
  6. hehehe... aku gelik kak sam kucing... tapi kucing pun di kasih susu anak bayi juga yaaa. kirain cuman pake susu khusus kucing aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kebetulan kucingnya mau minum susu manusia, beli susu kucing tak terbeli awak kak

      Hapus
  7. Kok lucu ya dengar judulnya 😂😂 tpi aku suka hehe 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak judulnya berdasarkan kisah saya saat merawat kucing

      Hapus
  8. Aduhh ingat kucingku si blekot yg manja kalo minta makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing memang manja ya minta makan apalagi kalo majikannya manjain banget, tambah manja deh

      Hapus
  9. Lucu kucingnya. Walaupun kampung tetap lucu juga apalagi enaknya perawatannya lebih murah ya. dikasih susu SGM, bubur ma ikan juga udah mau.

    BalasHapus
  10. Iya kak, kucingnya mau apa aja yang saya kasih, gak susah makanlah hehehe

    BalasHapus
  11. Marwoto... Lucu banget namanya. Hahaha

    Aku jadi teringat kucingku yang sudah tak ada lagi setelah tiga bulan kepergianku ke luar kota dulu. Jadi sedih deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kakanya perginya, kucingnya pun ikut pergi ya ka, satu hati namananya hehe

      Hapus