hafizah - Cerita Blogger

~~ Cerita, kisah, dan perjalanan ~~

Membersihkan Kulkas


Rutinitas di dapur pasti gak jahu jauh dari kata memasak. Setiap mau memasak selalu membuka kulkas mencari bahan bahan mentah yang disimpan dikulkas yang sudah dibeli dipasar baik dari kemarin atau seminggu yang lalu.

Kadang gak setiap hari juga kita ke pasar bisa jadi karena lokasi pasar yang jauh dari rumah, atau karena memang suka belanja banyak dan sudah mempersiapkan semuanya dan disimpan di kulkas.

Adakalanya pas buka kulkas kita asal meletakkan bahan bahan masakan di sembarang tempat dan berserakan di kulkas dan belum sempat merapihkannya.

Mari kita sekarang membersihkan kulkas.

Jika bingung mulainya dari mana. Coba aja dulu berdiri dan duduk di depan kulkas, buka kulkas, lalu perhatikan apa yang harus dirapikan terlebih dahulu.

Pertama, cabut kabel listrik kulkas dari stop kontaknya, untuk mengindari hal hal yang tidak diinginkan. Setelah itu bongkar serta keluarkan semua isi kulkas dan letakkan di sebuah wadah letakkan tidak jauh dari kulkas tersebut.

Bila ada bongkahan es salju di rak freezer sebaiknya dilelehkan terlebih dahulu agar es yang membeku semuanya mencair. Perlu waktu beberapa jam untuk mencairkan es yang membeku tersebut setelah dicabut dari stop kontaknya. Namun ada cara cepat untuk mencairkannya dengan menggunakan kipas angin yang berdiri dihadapkan didepan pintu kulkas yang terbuka.

Kemudian bersihkan rak rak kulkas dengan kain basah yang bersih atau basahi dengan cairan pembersih agar semua rak dan celah dapat bersih, serta cairan yang lengket sisa dari isian kulkas yang kadang tertumpah sewaktu kita meletakkan isi kulkas.

Setelah sudah dilap dengan kain basah. Lap kembali dengan kain bersih yang kering, agar rak rak kulkas terlihat bersih dan benar benar kering. Bila memang rak kotor sekali, bisa kita angkat rak tersebut, dan cuci dengan sabun pembersih lalu keringkan.

Setelah selesai semua, letakkan isi kulkas kembali di dalam kulkas. Bila ingin rapi, letakkan sayur sayuran dan bahan bahan mentah ke dalam beberapa wadah tertutup jika kita punya wadah makanan tertutup bisa juga dimanfaatkan agar terlihat rapi dan lebih awet bahan bahan makanan tersebut.

Mudah mudahan tips cara membersihkan kulkas ini membantu. Apalagi sekarang banyak waktu untuk di rumah, dan waktu kita tidak terbuang sia sia juga bermanfaat pula kan aktivitasnya.


Andai Saya Istri yang Rajin


Bisa dibilang  saya ini bukan orang yang rajin dalam segala hal. Maunya yang mudah mudah aja, yang dikerjain maunya yang praktis praktis aja. Gimana coba, untung aja suami berbaik hati memaklumi kekurangan saya. Makasi banyak ya untuk pak suami.

Andai saja saya istri yang rajin. Rajin memasak, rajin membersihkan rumah, rajin membersihkan kamar, rajin belanja ke pasar, rajin mandi hehe jadi buka kartu nih, rajin dandan, rajin apalagi ya. Pokoknya gak ada rajin rajinnya lah saya ini. Mangatur waktu yang saya agak susah dan lambat dalam bekerja. Jika saya istri yang rajin mungkin saya bisa jadi pengusaha, wanita karir, ibu hebat dan istri yang sukses mungkin ya, apa hubungannya coba. Tapi bisa jadi sih.

Hal ngebersihin rumah, menyapu juga seadanya yang nampak kotor saja. Mengepel kalau lantai sudah gak enak diinjak seperti sedikit berdebu atau agak berminyak di sekitar dapur. Nah kalau di teras depan rumah, berhubung suka ada kotoran hewan punya tetangga yang nyasar di depan rumah, itu harus selalu dipantau minimal jangan ada di teras rumah deh.

Urusan masak memasak ini nih dibutuhkan mood yang bagus. Kalau lagi bagus, belanja ke pasar pun semangat banget, pagi pagi udah pergi ke pasar belanja apa aja biar kulkas isinya penuh persediaan untuk memasak dan stok bumbu dapur dan kawan kawannya dilengkapi agar gak perlu ke warung lagi.

Memasaknya yang kadang agak malas, apalagi untuk memulainya ada aja alasannya, harus liat instagram yang suka memasak dulu, baru semangat memasaknya. Payah banget ya. Pas sudah mulai memasaknya akhirnya jadi juga tuh masakan dan siap dihidangkan. Kenapa gak daritadi ya kan enak kalau kayak gini. Gitu deh selalu hehe.

Mengenai kurang rajin mandi dan kurang rajin berdandan, biasanya ini nih yang nomor ke berapa gitu untuk saya. Tapi berhubung sekarang dengan situasi yang menegangkan saat ini memang kita harus rajin mandi dan menjaga kebersihan badan. Jadilah saya rajin mandi dua kali sehari dan rajin ganti baju.

Setiap ingat kok jadi istri saya kurang rajin ya. Dalam hati berkata pengen ngerubah jadi rajin besok. Pas besoknya gak bisa juga ngerubah, masih aja malas ya, gimana si ini emang udah malas dari sananya apa ya. Mudah mudahan bisa dirubahlah menjadi lebih baik.


Sumber pic : www.dream.co.id

Jangan Tinggalkan Botol Minummu


Siang siang bolong di hari yang panas terik saat perjanan jauh berjaln kaki atau sedang berada di kendaraan umum, rasa haus dan dahaga kian melanda. Untung saja bawa botol air minum yang sudah berisi air putih. Langsung saja saya tenggak air putih tersebut, rasa dahaga pun sirna.

Maka dari itu jangan pernah kalian tinggalkan botol minummu, karena itu penting banget disaat situasi genting, uang pas pasan untuk ongkos kendaraan umum, jadi tidak perlu beli minum lagi, kecuali kalau memang masih haus dan persediaan air tak mencukupi.

Malu dong disaat haus dan kepengen minum kita malah bingung mau minum apa, dan jadinya minta minum ke orang yang duduk di sebelah kita. Apalagi di saat seperti ini yang mengharuskan berbagi air minum, bahkan harus berbagi air minum dengan wadah yang sama jangan dulu ya teman.

Apabila belun mempunyai botol minum, banyak kok sekarang sudah dijual di mini market atau pasar tradisional. Jadi gak usah beli botol minum yang terlalu mahal, kasihan bila nanti botol minum tersrbut hilang atau tertinggal dalam perjalanan kita yang rugi.

Pilih botol minum yang kalian suka, tentunya botol yang mempunyai tutup yang rapat agar tidak tumpah ketika dibawa bawa di dalam tas. Pilih juga botol minum yang bebas BPA (bisphenol-A) yaitu bahan pembuatannya terbebas dari zat kimia sintetis yan biasa tertera di botol  dengan tulisa 'BPA Free', ini semua ditujukan. untuk menjaga kesehatan kita juga.


Mencarikan Jodoh


Saat ini lagi bingung mencarikan jodoh untuk abang laki laki kami. Karena ternyata mencarikan jodoh untuk seseorang itu tidaklah mudah.

Pernah dulu sekitar tahun 2016 saya turut mencarikan jodoh untuknya agar ia segera menikah sebelum nanti saya menikah. Saya carikan melalui whatsapp grup. Lalu saya berkenalan dengan wanita yang juga sedang mencari calon suami. Bertukar biodatalah kami, maksud saya biodata abang saya dan biodata wanita tersebut. Saya juga mengajak bertemu dengannya terlebih dahulu untuk meyakinkan bahwa benar adanya saya yang sedang mencarikan calon istri untuk abang saya.

Saya memberikan waktu kepada sang wanita untuk berpikir dan istikharah terlebih dahulu untuk melanjutkan ke arah yang lebih serius tanpa ada unsur paksaan tentunya. Saya baru sadar bahwa saat ini saya jadi perantara atau dikenal istilahnya yaitu 'Mak Comblang'. Baru pertama kali loh ini saya rasakan hehehe.

Alhasil dengan beberapa pertimbangan, sang wanita memutuskan keputusannya dengan tidak melanjutkan perkenalan tersebut. Berarti belum jodoh untuk abang saya.

Sudah beberapa kali dikenalkan dengan wanita yang sedang mencari calon suami tetapi belum jodoh. Niat hati mencarikan jodoh untuk abang saya agar ia menikah terlebih dahulu. Qadarullah malah saya yang bertemu jodohnya dan lalu menikah di akhir Desember 2016.

Kini sudah tahun 2020, abang saya tersebut belum jua menemukan tambatan hatinya. Yang sedihnya, ibunda kami belum sempat melihat abang menikah dan berkeluarga karena ibu kami telah dipanggil Yang Maha Kuasa.

Kemarin, kami ada mencarikan jodoh untuknya yang tinggal di kampung orang tua kami. Anaknya baik dan berparas cantik. Betapa bahagianya kami bila abang kami berhasil menaklukkan hatinya. Tetapi ternyata karena memang belum berjodoh, abang kami tidak berhasil melanjutkan perkenalaan mereka.

Begitulah sulitnya mencarikan jodoh. Biasanya yang selalu dicari cari dan dinanti akan sulit untuk digapai. Namun bila tak dicari cari nanti akan datang juga tak disangka sangka ia akan datang sendiri. Tetapi tentunya selalu diiringi doa agar abang kami menemukan belahan hatinya yang akan menjadi istri sholihahnya.




Sumber pic : www.seruni.id

Rumah impian


Kalau mendengar rumah impian, apa yang terbayang di pikiran kita.

Jika saya yang harus menjawab mungkin sederhana banget, ntah kenapa gak mau muluk muluk kali impiannya.  Yang penting punya rumah yang bisa dijadikan tempat berteduh bisa tidur nyenyak, nonton televisi,  dan lain lainlah.

Padahal untuk membangun sebuah rumah yang nyaman tidak bisa sesimpel itu,  harus banyak biaya walaupun bentuk rumahnya sederhana dan mungil yang isinya ada dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Itulah standarnya sekarang.

Jika rumah bersubsidi di pinggiran kota, untuk mendapatkan rumah dengan dua kamar dan satu kamar mandi, bisa mencapai 200 hingga 300 juta. Itu juga sudah bingung cara mencari uangnya harus gimana kalau membelinya dengan membayar cash.

Sekarang masih harus bermimpi dulu dan menabung pas lagi ada rezeki, sedikit demi sedikit ditabung mudah mudahan suatu saat terkumpul juga dan dapat membangun rumah impian,  aamiin.


Inspirasi taman di teras rumah

Rindu Mama


Rindu mama
Rindu mama
Rindu mama
Rindu ibu
Rindu sangat

Mama....
Mamaku selalu yang terbaik
Dan selalu sempurna
Dalam hal apapun
Tak dapat kami
Mengikuti jejakmu

Terlintas di benakku
Cerita  bertahun tahun yang lalu
Bersama mama
Yang kurindukan

Ku selalu disayang dan dimanja
Ketika sehat maupun sakit
Bercengkerama bersamanya
Berpelukan dan bermesraan

Kini hanya dalam bayangan dan
Ingatan saja
Tak ada lagi yang bisa
Selalu kupeluk
Tempat kuberkeluhkesah
Dan bercerita

Hanya kenangan yang
Dapat kuingat
Tak banyak yang dapat
Kuberikan untukmu Mama
Semua jasamu tak terhitung
Dan tak dapat kubalas
Tinggal penyesalan
Yang tersisa

Semoga Mama ditempatkan
Di tempat yang terbaik
Di JannahNya yang indah
Semoga kelak kita
Berkumpul di Jannah-Nya
Aamiin.....





Kiat Membuat Tidur Malam yang Nyaman dan Nyenyak



Banyak dari kita yang susah tidur ketika di malam hari karena beberapa hal seperti gangguan insomnia, susah tidur karena banyak pikiran, tidak enak badan, lingkungan tidur yang kurang kondusif, dan ada sebab lainnya.

Berikut agar tidur malam kita menjadi nyaman :

  • Bersihkan tempat tidur kamu dari hal hal yang menggangu tidur kamu.
  • Perhatikan kebersihan ingkungan sekitar tempat tidur kamu.
  • Pakai baju tidur yang bersih dan pilih bahan yang  tidak panas.
  • Letakkan aromaterapi di samping tempat tidur.
  • Semprotkan pengharum ruangan di kamar kamu agar kamar terhindar dari bau tidak sedap.
  • Usahakan agar suhu udara tidak panas,menggunakan pendingin seperti kipas angin atau air conditioner (ac).
  • Pakai lotion anti nyamuk untuk menghindari dari gigitan nyamuk di tubuh kita ketika tidur malam.
  • Tutup jendela dengan rapat, agar selalu waspada dan menjaga dari hal hal yang tidak diinginkan.


Ini beberapa kiat membuat tidur malam kita nyaman sampai pagi. Mungkin setiap orang berbeda beda tingkat kenyamanannya. Nah buatlah cara bagaimana agar kita bisa tidur nyenyak dan nyaman.



Handuk Terry Palmer


Sekarang lagi suka nih liat liat handuk yang dijual di toko toko, suka aja liatnya. Beli handuk untuk keperluan rumah tangga terutama untuk mandi.

Mumpung ada promo Handuk merek yang bagus Terry Palmer.
Yuk buruan ke toko terdekat sebelum tanggal promonya berakhir yang sebelumnya berakhir Desember 2019, kini diperpanjang sampai bulan Januari 2020.

Bicara tentang handuk, banyak jenis handuk yang beredar dipasaran. Namun tidak semua jenis handuk pas sesuai selera dan sesuai keinginan dikarenakan jenis bahan handuk yang berbeda beda.

Kalau saya lebih memilih jenis handuk yang sedikit tebal dan dapat menyerap air seperti Handuk Terry Palmer yang bagus tersebut agar pas dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi keringnya sempurna tidak basah dan lembab. Dari segi warna saya suka memilih handuk yang warnanya tidak terlalu terang, corak yang bermotif dan bergambar bisa juga sebagai pilihan.

Kadang kesal juga pernah membeli handuk di tempat lain yang harganya murah dari penampakannya tebal dan seperti menyerap air. Ternyata setelah dipakai tidak seperti yang diinginkan, ya begitulah keringnya tidak merata masih ada terasa basah sedikit di badan.

Tapi tidak untuk handuk Terry Palmer yang sedang dipromosikan di toko tersebut. Handuk ini bisa juga sebagai pilihan handuk mandi untuk keluarga. Handuknya sedikit tebal dan nyaman dipakai. Handuk ini saya beli  khusus untuk Pak Su, mudah mudahan saja beliau suka ya memakainya.