Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kandungan Serta Khasiat Kencur dan Kunyit Untuk Asam Lambung

 


Banyak faktor yang menyebabkan seseorang menderita asam lambung. Namun, banyak pula cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala penyakit ini. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui khasiat kencur dan kunyit untuk asam lambung. 


Kencur dan Kunyit sendiri sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat keluarga. Dua tanaman yang juga dikenal sebagai rempah-rempahan ini, ternyata sering diandalkan untuk mengobati gejala asam lambung. Lalu, bagaimana cara memanfaatkannya? Simak informasinya berikut ini.


Kandungan dan Khasiat Kencur

Kencur merupakan rimpang yang digunakan sebagai bumbu dapur dan obat herbal. Tanaman ini sering diracik menjadi jamu dan dikonsumsi sebagai obat tradisional. Kandungan yang dimilikinya diklaim dapat meringankan berbagai penyakit. 

Beberapa kandungan yang dimiliki kencur atau Kaempferia galanga ini, diantaranya pati dan beberapa jenis senyawa kimia. Etip p-metoksisinamat, asam metil kanil, asam sinamat, asam abisat, serta alkaloid, merupakan beberapa jenis senyawa kimia yang dikandung kencur. 

Kandungan tersebut memiliki sifat anti-bakteri serta anti-radang. Dengan sifat inilah, kencur dianggap dapat meredakan sakit asam lambung. Sifat anti-bakteri kencur dapat menekan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori.

Dimana, bakteri tersebut dapat ditemukan di dinding lambung dan juga usus. Perkembangan bakteri ini dipercaya sebagai salah satu penyebab penyakit asam lambung. Bakteri ini juga dapat menyebabkan luka pada dinding lambung, jika tidak ditangani dengan baik. 

Saat luka itu terjadi, kandungan kencur yang bersifat anti-radang dapat membantu mengatasi iritasi. Dengan inilah, kencur dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk asam lambung. 

Note: Anda juga bisa mencoba sereal asam lambung yang terbuat dari umbi garut. Umbi garut terbukti ampuh untuk mengobati asam lambung yang mudah kambuh. Cek di website resmi mereka di sini


Kandungan dan Khasiat Kunyit

Selain kencur, kunyit juga sering dimanfaatkan untuk asam lambung. Khasiat kencur dan kunyit untuk asam lambung sudah dimanfaatkan sejak dulu. Sama seperti kencur, kunyit juga sering dikonsumsi sebagai jamu.

Kunyit atau memiliki nama latin Curcuma longa, memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kencur. Bedanya, kunyit memiliki ukuran yang lebih panjang. Warnanya juga lebih kuning dan pekat dibandingkan kencur. 

Kandungan pada kunyit juga bersifat anti-radang. Tumbuhan ini juga diperkaya dengan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kurkumin adalah salah satu kandungan antioksidan yang dimiliki kunyit. 

Dengan berbagai kandungan tersebut, kunyit dimanfaatkan untuk meredakan berbagai gejala penyakit, diantaranya sebagai berikut:

  • Meredakan sakit perut karena haid.
  • Membantu pengobatan radang sendi.
  • Meringankan gejala gangguan pada saluran pencernaan.
  • Mengatasi gejala asam lambung.
  • Meningkatkan fungsi dan kinerja organ hati.


Cara Memanfaatkan Khasiat Kencur dan Kunyit Untuk Asam Lambung 

Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki sifat sebagai anti-bakteri, sehingga bermanfaat untuk mengatasi infeksi bakteri pada dinding lambung. Begitupula kinerja kandungan pada kencur. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, dua herbal ini dapat dikonsumsi sebagai obat tradisional.

Cara untuk memanfaatkannya juga cukup mudah. Kencur dan kunyit dapat diolah menjadi minuman atau bahan makanan. Berikut 2 cara mengolah tanaman ini untuk dikonsumsi.


1. Diseduh Menjadi Minuman

Cara pertama adalah membuat minuman dengan kunyit dan kencur. Kedua bahan tersebut dapat dibersihkan, lalu dipotong-potong. Setelah itu, kunyit dan kencur tersebut dapat direbus dengan air diatas api kecil. 

                                  Pic : pixabay


Jika sudah mendidih, saring dan letakkan di dalam gelas. Minum air rebusan tersebut secara rutin. Selain direbus, kencur dan kunyit  yang telah dicincang dapat diseduh dengan air hangat. Jadi, air yang telah disaring, dapat dikonsumsi. 


2. Diubah Menjadi Bubuk

Kunyit dan kencur juga dapat dijadikan bubuk. Caranya dengan menghaluskan kunyit dan kencur yang telah dikeringkan. Kencur dan kunyit bubuk ini dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. 

                             Pic : pixabay                    


Khasiat kencur dan kunyit untuk asam lambung dipercaya karena kandungan yang dimiliki dua tumbuhan herbal ini. Meskipun diklaim dapat mengurangi gejala asam lambung, tetapi mengkonsumsi herbal tetap harus dengan dosis normal, yakni tidak lebih dari 500 mg perhari. 

1 comment for "Kandungan Serta Khasiat Kencur dan Kunyit Untuk Asam Lambung"

  1. Saya juga suka nih kalau lagi sakit asam lambung minum seduhan kunyit, perut rasanya plong deh :)

    ReplyDelete