Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Modifikasi Mobil ala Fast and Furious


9 tips modifikasi mobil ala fast and furious yang bisa kamu coba
                                         Pic : freepik


Mobil adalah salah satu modal transportasi yang banyak dimiliki oleh masyarakat saat ini dengan pinjaman KTA. Terlebih lagi mobil bisa membawa beberapa orang sekaligus untuk mobilisasi sehingga cocok untuk dimiliki suatu keluarga.

Tak hanya itu saja, mobil kini juga dimanfaatkan untuk memenuhi hobi anak muda seperti modifikasi mobil. Salah satu caranya adalah dengan membuatnya bisa ngebut seperti mobil di Fast and Furious. Nah kalau kamu tertarik dengan hal tersebut, simak beberapa tips di bawah ini.

Tips Modifikasi Mobil seperti Fast and Furious dengan Aman

Anak muda mengenal film Fast and Furious sebagai franchise film yang bercerita tentang sekumpulan orang dengan mobil berkecepatan tinggi. Film ini cukup menarik perhatian banyak orang sehingga membuat mereka menginginkan mobil serupa. Nah kalau kamu juga tertarik, kamu bisa mengikuti tips modifikasi di bawah ini :

Sistem NOS

NOS adalah singkatan dari nitrous oxide. NOS sering digunakan saat seseorang ingin menambah kecepatan. Hal ini disebabkan NOS bisa memberikan oksigen yang dibutuhkan untuk pembakaran yang lebih dalam waktu singkat. Pembakaran ini ditandai dengan semburan dan bisa membuat mobil bertambah kencang.

Dalam proses ini NOS tidak hanya berfungsi untuk pembakaran bahan bakar saja, namun juga meningkatkan kekuatan mesin. Itulah mengapa banyak orang menambah NOS saat memodifikasi mobilnya. Namun kamu harus berhati-hati dengan penggunaan NOS ini agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Sistem Bahan Bakar

Peningkatan sistem bahan bakar juga bisa membuat mobil melaju dengan semakin cepat. Caranya dengan meningkatkan aliran pada injeksi, pompa bahan bakar, filter, hingga memperbesar saluran bensin.

Hal-hal di atas bisa membuat bertambahnya bensin yang dibakar oleh mesin mobil sehingga kecepatannya pun meningkat. Namun kamu tetap harus memperhatikan hal lain saat ingin memodifikasinya, seperti mempertimbangkan rasio saluran udara dengan bahan bakar di dalam mesin.

Rem

Ketika membicarakan mobil dengan kecepatan tinggi, maka sistem rem yang baik juga perlu dipertimbangkan. Hal ini disebabkan kamu akan memerlukan rem yang bisa membuatmu berhenti dengan mulus saat mobilmu melaju dengan kencang agar tidak terjadi kecelakaan.

Selain itu, kamu juga memerlukan waktu yang lebih singkat untuk menurunkan kecepatan untuk menghindari hal tersebut. Tak hanya itu saja, pengereman dalam waktu singkat ini juga bisa membuatmu segera memacu mobilmu kembali sehingga kamu tidak kehilangan banyak waktu

Tips modifikasi mobil supercharger ala fast and furious
                                  Pic : freepik

Supercharger

Ini merupakan sistem yang bisa mengkompres dan mendorong udara agar masuk ke dalam mesin. Dengan demikian, kamu bisa memperoleh kekuatan ekstra untuk digunakan mobilmu bersama pinjaman KTA terbaik

Namun mungkin kamu perlu merombak struktur mesin mobilmu jika ingin menambahkan sistem ini. Hal ini disebabkan, sistem supercharger terdiri dari crankshaft, rantai, belt, dan lain-lain. Akan lebih baik lagi jika kamu memodifikasinya ke mekanik yang memang sudah ahli dalam bidang ini.

Aliran Udara Dingin

Memang mobil membutuhkan udara agar bisa mendorong torsi dan kekuatan kudanya. Namun udara yang diperlukan adalah udara dingin karena ia memiliki kepadatan lebih rapat daripada udara hangat sehingga bisa melakukan kedua hal tersebut dengan lebih baik.

Di sisi lain, udara yang lebih rapat juga bisa membuat bensin terbakar dengan lebih efisien dan mesin bisa “bernafas” dengan lebih baik. Jadi, kamu bisa mengubah sistem mobilmu untuk meningkatkan aliran udara dingin ke dalam mesin.

Suspensi

Peningkatan suspensi juga bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi peningkatan kekuatan mesin. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk meningkatkan chassis sehingga performa mobilmu lebih terjaga, terutama saat sedang melaju dengan kecepatan tinggi.

Peningkatan kedua hal tersebut akan memerlukan berbagai perubahan komponen. Misalnya adalah h-bracket, axles, dan lain-lain. Kamu bisa berkonsultasi dengan mekanik profesional terkait hal-hal apa saja yang perlu diganti.

Rantai Penggerak

Rantai penggerak dalam mesin bisa membantu mobilmu melaju dengan lebih kencang dalam keadaan lebih baik. Hal ini disebabkan rantai penggerak bisa mengubah kekuatan yang dihasilkan pada mesin untuk digunakan roda mobil. Itulah mengapa kamu perlu mengubah rantai kamu dengan kualitas yang baik.

Tak hanya rantainya saja, kamu juga perlu mengubah berbagai komponen yang berkaitan, seperti gear, flywheel, clutches, dan lain-lain. Dengan demikian, rantai bisa bekerja dengan lebih maksimal.

Roda

Tentu saja kamu harus memperhatikan jenis roda apa yang digunakan oleh mobilmu. Hal ini disebabkan roda-lah yang bergerak sehingga mobilmu bisa melaju dengan kencang. Gunakanlah roda dengan isi nitrogen karena berisi lebih sedikit uap air dan gas lainnya.

Selain itu, roda juga harus bisa menahan kekuatan mesin dan berat mobil itu sendiri saat sedang melaju dalam kecepatan tinggi. Jadi, kamu memerlukan roda dengan kualitas baik untuk mendukung hal tersebut sekalipun di bundaran atau tikungan.

Knalpot

Kamu mungkin sering melihat adanya dua knalpot pada mobil yang melaju dengan kencang. Hal ini disebabkan knalpot ganda bisa memfasilitasi aliran hasil pembakaran. Dengan demikian, ia bisa membantu mengoptimalkan kekuatan mesin.

Namun sebelum kamu menggunakan knalpot ganda, kamu perlu memperhatikan aturan termasuk yang berkaitan dengan alam. Hal ini disebabkan penggunaan knalpot ganda bisa mempengaruhi sistem emisi mobil.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk memodifikasi mobilmu ala Fast and Furious. Jika kamu tertarik untuk melakukannya tapi terkendala dana, pinjaman KTA bisa membantumu. Salah satunya adalah digibank KTA yang merupakan KTA digital pertama di Indonesia. Tertarik? Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

7 komentar untuk "9 Tips Modifikasi Mobil ala Fast and Furious"

  1. Paling suka liat mobil yang dimodifikasi, tapi gak suka bgt klo knalpot yg diutak atik sampe suaranya jadi gak enak didengar

    BalasHapus
  2. Aku suka banget film fast and furious nih. Keren banget memang mobilnya. Wah, ternyata ada tips buat memodifikasi mobil biar bisa seperti itu ya.

    BalasHapus
  3. Keren banget pastinya kalau mobil dimodifikasi ala fast furious ya, apalagi tipe mobil klasik gitu. Yang pasti butuh modal dong ya biar mobilnya bisa bergaya dengan keren :D

    BalasHapus
  4. Wah langsung kebayang scene mobil-mobil sport balapan di jalanan ala fast furious, hehe. Keren banget pasti ya kalo bisa modif begitu. Walaupun udah kebayang ini lumayan kudu ngurangin uang jajan dan ngopi, hihi. Cuma kadang aku gemes juga kalo ada yang modif knalpot macem2, terus suaranya jadi bising dan mengganggu...

    BalasHapus
  5. Wahhh.. Sekarang gak perlu worry lagi, ya. Biaya modifikasi kendaraan bisa tetap dilakukan meski budget belum ada lewat KTA dari Digibank. Membantu banget pastinya, Mbak.

    BalasHapus
  6. Untuk yang memang hobi, masalah utak atik mobil malah jadi kesenangan ya. Walau kadang biayanya lumayan tapi ada kepuasan hati.

    BalasHapus
  7. Wah berat nih kalau modofikasinya mirip mobil di fast & furious, tetapi memang bagus dan keren banget

    BalasHapus