hafizah - Cerita Blogger

~~ Cerita, kisah, dan perjalanan ~~

Tahun Ajaran Baru

1 comment
Tahun ajaran baru telah tiba. Tahun ajaran baru 2019/2020 sudah dimulai hari ini 15 Juli 2019. Anak anak sekolah mulai hari pertamanya sekolah.


Kerumitan orang tua mengantar anaknya masuk sekolah. Ada yang pertama kali baru masuk sekolah sehingga diantar orang tuanya. Ada juga yang tidak diantar karena ia merupakan murid lama.

Di jalan umum sudah mulai ramai dengan anak sekolah yang berangkat menuju sekolahnya untuk menuntut ilmu. Tidak seperti kemarin jalanan yang masih tampak lengang hanya para pekerja kantoran dan orang yang berlalu lalang saja.

Biasanya kalau hari pertama masuk sekolah yang saya ingat dahulu selalu pulang lebih awal, dikarenakan hari pertama sekolah masih tahap perkenalan antara siswa dan guru, siswa dan siswa, serta adaptasi tentang mata pelajaran yang akan dipelajari.

Bila tahun ajaran tiba selalu tampak ramai di pertokoan yang menjajakan dagangannya berupa buku tulis dan alat-alat tulis. Tidak lupa juga perlengkapan untuk ke sekolah seperti seragam sekolah, tas sekolah, dan sepatu sekolah.


Ada hal yang paling saya suka ketika masuk tahun ajaran baru. Membeli buku tulis yang masih baru dan beraneka ragam pilihan corak gambar sampul depan buku tulis tersebut. Memilih bahan kertas buku tulis yang wangi serta agak tebal sehingga tidak tembus ketika ditulis. Ada ada saja ya.

Setelah membeli bukunya, yaitu kegiatan menyampul buku dengan rapi  dan memberi plastik agar tidak mudah basah bila suatu saat terkena air. Tidak lupa juga memberi nama buku tersebut sehingga tidak tertukar dengan yang lainnya.

Kembali ke tahun ajaran baru. Banyak perubahan yang dirasakan dari tahun ke tahun mengenai aturan penerimaan siswa baru yang kini sudah mulai penerimaan siswa baru melalui online dan juga penerimaan siswa baru melalui sistem zonasi yang sedang ramai dibicarakan.

Apapun bentuk penerimaan melalui online atau tidak, melalui zonasi atau rayon. Yang terpenting mutu pendidikan harus ditingkatkan, pemahaman siswa akan pelajaran yang diterima, serta nilai moral yang harus selalu ditanamkan. Sehingga siswa ketika menamatkan di sekolah tersebut ia menjadi siswa yang berprestasi serta bermoral baik dan beretika.

Pic : pixabay, lampung.tribunnews.com




1 comment :

  1. Tahun ajaran baru, semua serba baru, alamak habislah duit hehe

    ReplyDelete