hafizah - Cerita Blogger

~~ Cerita, kisah, dan perjalanan ~~

Mengurangi Nasi Putih

2 comments
Mengurangi nasi putih ketika sedang berdiet. Sering banget ya kita dengar.



Nasi putih sering disalahkan tidak boleh banyak makannya karena banyak mengandung gula.

Jangan banyak banyak makan nasi putih, ntar gemuk dan naik berat badannya.

Begitulah yang sering saya dengar, berlawanan sekali dengan apa yang kita makan sehari hari, selalu makan nasi, kalau gak makan nasi berarti gak makan dan belum kenyang lah gitu rasanya.

Padahal makan nasi putih itu enak banget apalagi makan nasi putih panas ditemani dengan lauk dikasi sambal yang maknyus, wah dijamin deh makannya pasti pada nambah nambah ya kan. Terbukti makan nasi putih itu menambah selera makan.

Jadi kenapa sih ada kalangan yang selalu menghindari  atau mengurangu nasi putih dalam porsi makannya, dan menggantinya dengan nasi merah yang sungguh tawar rasanya.

Bisa jadi mereka dalam keadaan berdiet menjaga pola makannya atau dalam proses penyembuhan penyakit yang dideritanya.

Memang saya akui sejak saya mencoba mengurangi nasi putih ketika nencoba mrngurang berat badan, yang saya rasakan yaitu :
- Berat badan jadi mudah lebih turun.
- Siklus haid jadi lebih teratur.
- Perut gak terlalu begah dan kepenuhan
- Badan jadi lebih entang
- Hidup menjadi lebih sehat

Sekarang tinggal kita mau pilih yang mana, jika gak sanggup meninggalkan nasi putih, alangkah baiknya kita kurangi makan nasi putih dalam piring makan yang kita makan. Bisa ditakar banyaknya nasi yakni seperti tiga, atau lima sendok makan.

Agar hidup lebih sehat, makan nasi tidak terlalu berlebihan. Menjaga asupan gula dan minuman manis lebih diatur lagi sehingga tidak kebanyakan, makan sayur dan buah, olahraga 3 hari sekali serta istirahat yang cukup.

                      ---

Pic : pixabay

2 comments :

  1. Sebagai pengantinya saya makan roti atau ubi-ubian. Saya sendiri juga mengurangi nasi, biar perut tidak terlalu buncit.

    ReplyDelete
  2. Saya banyak makan tapi nggak gemuk2

    ReplyDelete