Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bersaing Mendapatkan Pekerjaan


Bagaimana rasanya ketika harus bersaing mendapatkan pekerjaan. Rasanya sulit juga di jaman sekarang.

Di tengah tengah banyaknya lulusan sekolah yang mencari pekerjaan dan sedikitnya perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Saya pernah merasakannya di umur saya ketika itu baru lulus kuliah, saat umur masih 23 tahun.

Dari yang mulai mencari lowongan lowongan pekerjaan di beberapa surat kabar yang mengiklankan lowongan pekerjaan dan melamarnya. Beberapa kali mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, tapi namanya belum rejeki ya.

Waktu itu ketika sudah menemukan lowongan yang cocok, mulailah mempersiapkan beberapa berkas yang harus dipenuhi, fotocopi ijazah dan surat keterangan yang lain. Baru setelah itu surat lamaran dikirim ke alamat tujuan ataupun ada yang diantar langsung.

Selain melamar pekerjaan yang diketahui melalui surat kabar. Banyak juga lowongan pekerjaan yang dipasang di website pencari pekerjaan seperti Karir.com. Dengan terlebih dahulu mendaftar di website tersebut dan mengisi surat lamaran kerja serta data diri dan kriteria pekerjaan yang diinginkan.

Jika perusahaan menyukai surat lamaran kerja kita. Maka kita akan dihubungi melalui email ataupun melalui telefon.

Begitulah kira kira rutinitas mencari pekerjaan yang saya alami, kira kira selama 7 tahun, hehe lama ya. Itu karena tidak ada pekerjaan tetap yang dijalani. Jadi setelah habis kontrak mulailah mencari pekerjaan yang baru lagi.

2 komentar untuk "Bersaing Mendapatkan Pekerjaan"

  1. Pernah ngalamin juga, selama 7 tahun lamanya melamar berpindah2 tempat kerja, klo sekrg udah males ngelamar jadi blogger aja deh hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, pengalaman oh pengalaman yg mengajarkan kita. Nasib ya mba kalo ngelamar gak pake akses. Tapi ya rezeki udah diatur sama Allah SWT

      Hapus