Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membersihkan Kulkas


Rutinitas di dapur pasti gak jahu jauh dari kata memasak. Setiap mau memasak selalu membuka kulkas mencari bahan bahan mentah yang disimpan dikulkas yang sudah dibeli dipasar baik dari kemarin atau seminggu yang lalu.

Kadang gak setiap hari juga kita ke pasar bisa jadi karena lokasi pasar yang jauh dari rumah, atau karena memang suka belanja banyak dan sudah mempersiapkan semuanya dan disimpan di kulkas.

Adakalanya pas buka kulkas kita asal meletakkan bahan bahan masakan di sembarang tempat dan berserakan di kulkas dan belum sempat merapihkannya.

Mari kita sekarang membersihkan kulkas.

Jika bingung mulainya dari mana. Coba aja dulu berdiri dan duduk di depan kulkas, buka kulkas, lalu perhatikan apa yang harus dirapikan terlebih dahulu.

Pertama, cabut kabel listrik kulkas dari stop kontaknya, untuk mengindari hal hal yang tidak diinginkan. Setelah itu bongkar serta keluarkan semua isi kulkas dan letakkan di sebuah wadah letakkan tidak jauh dari kulkas tersebut.

Bila ada bongkahan es salju di rak freezer sebaiknya dilelehkan terlebih dahulu agar es yang membeku semuanya mencair. Perlu waktu beberapa jam untuk mencairkan es yang membeku tersebut setelah dicabut dari stop kontaknya. Namun ada cara cepat untuk mencairkannya dengan menggunakan kipas angin yang berdiri dihadapkan didepan pintu kulkas yang terbuka.

Kemudian bersihkan rak rak kulkas dengan kain basah yang bersih atau basahi dengan cairan pembersih agar semua rak dan celah dapat bersih, serta cairan yang lengket sisa dari isian kulkas yang kadang tertumpah sewaktu kita meletakkan isi kulkas.

Setelah sudah dilap dengan kain basah. Lap kembali dengan kain bersih yang kering, agar rak rak kulkas terlihat bersih dan benar benar kering. Bila memang rak kotor sekali, bisa kita angkat rak tersebut, dan cuci dengan sabun pembersih lalu keringkan.

Setelah selesai semua, letakkan isi kulkas kembali di dalam kulkas. Bila ingin rapi, letakkan sayur sayuran dan bahan bahan mentah ke dalam beberapa wadah tertutup jika kita punya wadah makanan tertutup bisa juga dimanfaatkan agar terlihat rapi dan lebih awet bahan bahan makanan tersebut.

Mudah mudahan tips cara membersihkan kulkas ini membantu. Apalagi sekarang banyak waktu untuk di rumah, dan waktu kita tidak terbuang sia sia juga bermanfaat pula kan aktivitasnya.


1 komentar untuk "Membersihkan Kulkas"