Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Liburan Cara Aku dengan Menikmati Keindahan Pantai bak di Surga

Berlibur merupakan waktu yang kutunggu tunggu, kapan tiba masa itu. Ketika waktunya sudah cocok dan rezekinya pun sudah ada, jadilah langsung kita rencanakan untuk berlibur. Tak perlu menunggu lama, langsung mencari tanggal yang pas untuk berlibur.

Sebagai istri yang juga berperan sebagai ibu rumah tangga, banyak rutinitas yang dilakukan, kadang muncul kejenuhan yang seringkali berujung pada terganggunya kesehatan. Seperti sering uring uringan dan emosi yang tidak terkendali, dan akhirnya menjadi stres sendiri.

Maka dari itu penting banget ibu rumah tangga harus berlibur. Mengapa ya kok penting banget, diantaranya yaitu

• Liburan akan menghilangkan kejenuhan dan kebosanan, liburan menghilangkan kejenuhan dan stres, kesehatan pun terjaga.
  • Liburan dapat mempererat hubungan keluarga. Keadaan keluarga yang sering beradu pendapat, dapat meningkatkan emosi yang akan tidak baik di kemudian hari, maka sebaiknya berliburlah sebagai ibu rumah tangga agar hubungan keluarga kembali harmonis.
  • Liburan tempat bersantai, dan merelaksasikan pikiran. Liburan melepaskan segala kepenatan, kejenuhan, dan kelelahan pikiran yang mengganggu selama ini.
  • Liburan mendapatkan pengalaman berlibur yang pernah kita tuju, seperti liburan ke daerah daerah yang belum pernah kita datangi, akan mendapatkan pengalaman yang berharga dan indah

Beberapa tahun belakangan  pada tahun 2020, saya sempat berlibur ke ujung pulau Sumatera yaitu kota Banda Aceh. Kota yang begitu dikenal dengan Serambi Mekah. Perjalanan liburan yang begitu berkesan karena pergi bersama sama keluarga dan sanak saudara. Saya suka liburan ke Banda Aceh karena indahnya pantai di Aceh bak di Surga, keindahannya membuat ingin terus berada di pantai Aceh. Pantai di Aceh yang begitu indah dan memesona seperti Pantai Ulee lheue, Pantai Lampuuk, dan Pantai Lhoknga.

Perjalanan ke kota Banda Aceh pada mulanya karena ingin melepas lelah dan membebaskan pikiran setelah selama setahun bergerilya dengan rutinitas rumah tangga. Namanya sudah emak emak rasanya pengen liburan ya kan. Melepas penat dan lelah agar kembali pulang ke tempat asal pikiran sudah segar kembali.

Rencana perjalanan pada saat itu ingin jalan jalan di seputaran kota Banda Aceh , dan mengunjungi tempat tempat bersejarah di sana. Berkeliling menggunakan mobil yang sudah disewa Rp 300.000 per hari. Kegiatan yang kami lakukan di sana, menginap di rumah saudara yang begitu dekat dengan kami dan kamipun disuguhi makanan dan minuman penebus rasa lapar dan dahaga. Estimasi biaya yang dibutuhkan sekitar kami membawa lebih kurang Rp 1000.000 - Rp 2000.000 untuk keperluan di sana, transportasi, biaya jajan, akomodasi dan membeli oleh oleh atau buah tangan.

Perjalanan dengan Bus malam berangkat dari tempat asal kami pada pukul 10 malam. Bus yang kami naiki mobilnya masih baru dan bagus fasilitasnya. Supir yang mengendarai juga tidak kebut kebutan di jalan. Perjalanan sungguh nyaman. Selama perjalanan kami banyak menghabiskan waktu untuk tidur sepanjang jalan karena memang pada saat itu jam tidur malam seperti biasanya. Sesampai di Banda Aceh sudah menjelang subuh hari, bus yang kami tumpangi singgah sebentar di sebuah Masjid, yang kebetulan pada saat itu adzan subuh berkumandang, dan kami pun mengikuti sholat berjamaah di sana.

Destinasi tujuan kami pergi ke Mesjid Baiturrahman, PLTD Apung, museum tsunami, pantai pantai yang ada di Aceh, dan tak lupa juga ke puncak geruteu di Aceh Barat Daya hampir menuju ke Takengon, tapi tidak sampai sana. Transportasi di sana kami meggunakan mobil yang di sewakan jauh jauh hari. Konsumsi di sana kami membayar catering karena tidak mungkin hanya numpang makan saja di rumah saudara. Jika sudah sampai Banda Aceh rasanya belum lengkap kalau tidak ke Pulau Sabang. Kami hanya sebentar di Pulau Sabang dikarenakan cuaca tidak mendukung dan ombak yang begitu kencang.

Liburan Berikutnya Bersama Traveloka Saya Ingin Berlibur Ke Kota Padang

Liburan selanjutnya setelah berlibur ke Banda Aceh, kami ingin sekali liburan bersama traveloka. Setelah memikirkan tempat yang mana yang akan kami kunjungi untuk berlibur. Akhirnya pilihan kami ingin berlibur ke Padang Sumatera Barat.

Berlibur ke Padang merupakan tempat liburan yang ingin saya kunjungi. Sesuai dengan keinginan hati saya #LifeYourWay. Tidak ada campur tangan dan bisikan siapapun juga, hanya mungkin rekomendasi saja tapi tetap kita yang memutuskan semuanya. Saya ingin berlibur ke kota Padang karena diantaranya adalah

1. Kota yang selama ini dekat dengan provinsi saya tinggal belum pernah saya singgahi, rasanya kurang sah bila saya tidak berlibur ke kota itu.
  2. Setelah 6 tahun mengarungi rumah tangga rasanya ingin lagi berlibur bersama suami, hingga saat ini kami menikah kami belum dikaruniai anak. Semoga kelak setelah pergi belibur kami mendapat berita baik  kehamilan saya, ah sungguh kebahagiaan yang tidak bisa diungkapkan lagi dengan kata kata.
  3. Banyak mendengar cerita cerita dari teman, bahwa tempat liburan yang bagus dan menarik ada banyak di kota Padang Sumatera Barat, jadi kami ingin mencoba menikmati liburan di sana.
  4. Ingin menjelajahi berbagai tempat liburan di seluruh Indonesia termasuk kota Padang yang memang sudah terkenal sejak dahulu.

Menuju ke kota Padang saya lebih memilih menggunakan angkutan Bus yang fasilitasnya sudah bagus dan nyaman. Kita bisa membeli tiketnya yang sudah tersedia melalui aplikasi Traveloka. Setelah sampai di kota Padang, saya ingin sekali mengunjungi tempat tempat wisata yang menarik di samping pantai pantai di Sumatera Barat yang begitu indah, saya juga ingin mengunjungi beberapa tempat yaitu

Lembah Harau

Tujuan wisata romantis di Padang tertuju pada tempat ini. Lembah yang mempunyai tempat foto yang bagus dengan alamnya yang asri.

Lembah Harau dikutip dari Wikipedia adalah sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh di kabupaten Lima Puluh Koto. Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Berjalan menuju lembah harau dengan udara yang masih sangat bersih dan segar, kita bisa melihat keindahan alam sekitarnya.

Lembah Harau merupakan monumen peninggalan Belanda yang terletak di kaki air terjun Sarasah Bunta, dan Lembah Harau itu sendiri sering dikunjungi orang sejak 1926. Lembah Harau di mana kita menyaksikan hamparan sawah diapit oleh tebing tebing tegak lurus menjulang tinggi sekitar 150 meter hingga 200 meter. Dengan adanya pemandangan seperti ini siapa yang tidak akan takjub melihatnya.

Danau Maninjau

Salah satu tempat romantis di Padang. Danau yang membentang begitu luas, ingin sekali saya pergi ke sana dan berfoto foto di sana. Pemandang danaunya yang indah hingga tak mampu berkedip. Danau Maninjau merupakan tempat tujuan wisata di daerah ini karena keindahan pemandangan dan iklimnya yang sejuk.

Ngarai Sianok

Lembah panjang berkelok kelok yang ikonik, ingin sekali saya ke sana dan berfoto di sana. Ngarai sianok merupakan sebuah lembah yang curam yang berbatasan dengan kota Bukit tinggi. Lembah ini memanjang dan berkelok kelok. Ngarai sianok memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga menjadi tempat tujuan pariwisata di kota ini.

Istana Pagaruyung

Pic : wikipedia

Tempat wisata dengan latar rumah adat Minang Kabau. Keindahan rumah adat Minang Kabau yang begitu estetis hingga terkenal sampai manca negara. Belum lengkap ke sana kalau tidak pergi ke Istana pagaruyung. Foto bersama di sana dengan memakai baju adat Minang.

Taman Bunga Puncak Tonang

Taman bunga yang indah dan udara yang sejuk. Dengan bunga bunga yang tertata rapi dan warna warna yang cantik. Taman bunga puncak tonang tak kalah jauh indahnya dengan taman bunga yang ada di jepang. Bunga bunga ditata sedemikian rupa hingga menciptakan pola yang menarik. Taman bunga puncak tonang bersuhu sejuk dan dingin karena daerahnya berada di dataran tinggi. Indahnya pemandangan yang sejuk semakin mengundang banyak orang ingin berkunjung.

Pantai Nirwana

Pantai yang seperti ini saya cari, pantai dengan pasir putih dan airnya yang biru nan jernih, rasanya ingin bermain air dan mandi di sini dikarenakan ombaknya yang cukup tenang.  Di sini menyaksikan matahari terbenam bersama sama dan akan terkesan ditambah angin semilir di antar pohon pohon kelapa. Ada tampak karang yang terlihat ketika air surur, serta pemandangan kapal yang merapat. Saat malam ada pemandangan cantiknya kelip lampu dari teluk bayur.

Pilihan untuk menginap nanti kami ingin menginap di penginapan yang layak dan nyaman, namun harganya terjangkau. Untuk di kota Padang bisa kita cari di applikasi Traveloka yang sudah lengkap informasinya.

Pilihan transportasi lebih nyaman menyewa mobil ketika dintempat tujuan karena dapat pergi ke yang kita mau, dan tidak terlalu dikejar kejar waktu.

Jika dibuat itinerary perjalanan nanti. Rencana akan melakukan perjalanan ke Padang
Berangkat dengan bus yang dipesan melalui aplikasi traveloka :
  • Berangkat dari Medan pukul 9 pagi dan akan tiba pukul 15.00 esok hari
  • Langsung ke penginapan untuk berbenah pakaian
  • Pergi berwisata ke tempat tujuan, maksimal 3 tempat wisata yang kami kunjungi.
  • Untuk konsumsi, bisa memesan makanan di tempat sekitar
  • Balik ke penginapan untuk istirahat
  • Keesokan harinya pergi ke tempat wisata yang lain
  • Balik ke penginapan, jalan jalan sebentar membeli buah tangan dan kulineran
  • Keesokan hari siap siap untuk pulang ke Medan.

Seperti yang saya gambarkan di atas, liburan yang penuh dengan sukacita tentunya harus diiringi dengan persiapan yang matang agar ketika sampai di lokasi, liburan yang kita inginkan berjalan sesuai dengan rencana dan kita pun menikmatinya. Maka untuk liburan selanjutnya aku dan kalian tentunya harus memesan trip perjalanan dengan Merencanakan Liburan di Traveloka dong. Gak mau kan liburan kalian jadi gak asik dan gak puas hanya karena kurang dalam mempersiapkan segala sesuatunya.

Kebanyakan dari kita mudah sekali terpengaruh dari pengaruh pengaruh dari luar yang sebenarnya tidak sesuai dengan hati nurani dan keinginan kita. Menjalankan yang tidak sesuai hati maka hasilnya juga akan tidak bagus. Mulai dari sekarang kita harus berani menjalani sesuai keinginan hati dan jalani hidup sesuai dengan cara kita.

Sumber :

1 komentar untuk "Liburan Cara Aku dengan Menikmati Keindahan Pantai bak di Surga"

1. Sama dong saya juga belum pernah liburan ke Padang, pengen icip masakan padang di kota Padang hihi, trus mau juga sih ke kota Bandung nostalgia tempat kuliah dulu :D